Kisah Hidup Deddy Dores: Antara Nike Ardilla dan Keroncong Dangdut

24 May 2016

Berpulangnya musisi Deddy Dores menyisakan duka mendalam di kalangan pecinta musik Tanah Air. Rekam jejak pria kelahiran 1950 ini terkenal sangat gemilang sebagai penyanyi dan pencipta lagu slow rock handal. 

Kepopuleran Deddy Dores berawal ketika merilis album berjudul Hilangnya Seorang Gadis. 

Album tersebut dirilisnya pada 1971 silam dan membuatnya diperhitungkan sebagai salah satu musisi berbakat Indonesia 

Tak hanya bakat menjadi penyanyi, almarhum juga bergerak sebagai produser. 

Pada tahun 90-an, Deddy Dores mengorbitkan salah satu penyanyi muda paling berbakat yang pernah dimiliki Indonesia, Nike Ardilla. 

Selain mengorbitkan, dia juga menjadi rekan duet Nike dalam beberapa lagu.

Namun sayang, duka pun datang. Nike Ardilla meninggal pada 1995 karena kecelakaan di saat kariernya sedang berada di puncak. Hal itu pun berpengaruh pada karier Deddy Dores.

Semenjak kematian pelantun Bintang Kehidupan, nama Deddy Dores mulai jarang muncul di layar kaca. Deddy kesulitan menemukan talenta berbakat lainnya sepeninggal Nike Ardilla.

Meskipun demikian, pria yang identik dengan kacamata hitam itu tetap berkarya. 

Buktinya di penghujung masanya, Deddy Dores masih tetap berkecimpung di dunia musik. Dia terlibat kolaborasi dengan penyanyi dangdut Ratna Listy. 

Mereka baru saja merilis lagu bertajuk Tresno Jaman SMP pada Kamis (12/5) lalu.

Uniknya, lagu yang dikerjakan Deddy Dores dan Ratna Listy mengusung genre berbeda yakni congdut alias keroncong dangdut. Genre ini terbilang baru bagi kedua musisi tersebut. Lagu Tresno Jaman SMP dipasarkan oleh SK Pro.

"Ini salah satu cara kami melestatikan musik keroncong meskipun dipadu dengan musil lain," jelas Ratna Listy saat peluncuran.

Seperti diketahui, Deddy Dores meninggal dunia pukul 23.45 WIB, Selasa (17/5) malam di RS Internasional Bintaro.

Musisi kelahiran Surabaya 28 November ini meninggal dalam usia 65 tahun karena serangan jantung. Jenanzahnya dimakamkan di Sumedang, Jawa Barat. 

 

(ded/jpg

http://www.jawapos.com/read/2016/05/18/29061/kisah-hidup-deddy-dores-antara-nike-ardilla-dan-keroncong-dangdut/1