'Dedes, Who Are You?', konser unik bangkitkan musik gamelan

20 May 2016

Musik, satu hal yang tak bisa dikotak-kotakkan dan juga selalu berkembang dari waktu ke waktu. wajar saja bila banyak genre maupun harmonisasi baru yang dibuat oleh para musisi siapapun itu.

Satu contoh nyatanya adalah DjombloEnsemble, kelompok gamelan dari Kota Malang. Kelompok ini mencoba untuk mengeksplorasi dan memainkan musik etnik khususnya gamelan sebagai jati diri mereka.

Menariknya, DjombloEnsemble tak menutup diri dengan warna musik lain yang saat ini sedang booming. Hal itu dibuktikan lewat sebuah konser musik gamelan yang akan mereka gelar dengan judul Dedes, Who Are You?.

Konser ini tak cuma menyuguhkan permainan gamelan dari para pemusiknya saja. Lebih dari itu, ada harmonisasi lain seperti saxophone, alto recorder, dan bunyi-bunyi yang berasal dari musik digital.

Konser Dedes, Who Are You? terinspirasi dari kisah tentang Ken Dedes, sang Nareswari. Digelar selama dua hari mulai tanggal 24 dan 25 Mei 2016 di Laboratorium Drama Universitas Negeri Malang, acara ini bakalan menjawab penantian para penikmat musik yang memang rindu dengan suguhan-suguhan berkualitas.

DjombloEnsemble percaya bila gamelan tak boleh dilupakan dan dimuseumkan begitu saja. Gamelan harus selalu dibunyikan dan dikembangkan oleh para pelakunya. Konser Dedes, Who Are You? inilah bukti nyatanya.

 

(kpl/abl)

http://www.merdeka.com/artis/dedes-who-are-you-konser-unik-bangkitkan-musik-gamelan.html