SK Pro Luncurkan Lima Album untuk Lestarikan Keroncong

18 May 2016

Darah seniman tidak pernah hilang dari musisi J Sarwono. Meski terkenal di era 70-an, hingga saat ini dia tetap aktif bergerak di bidang musik.

Nama J Sarwono melambung pada 1970-an lewat hits Hilangnya Seorang Gadis yang masuk dalam album Freedom of Rhapsodia dari Bandung. Band pop tersebut digawangi Deddy Dores (gitar), Soleh (vokal), dan J Sarwono (keyboard).

Kini, J Sarwono menggerakkan bakat musiknya lewat sebuah label rekaman bernama Semar Kembar Production (SK Pro)yang didirikan 2013 lalu.

Label ini punya konsep sendiri dalam pengembangannya. J Sarwono menitik beratkan musisi yang diorbitkannya mengusung musik asli Indonesia. Terutama keroncong.

"SK Pro kami representasi sebagai wadah untuk melestarikan musik sendiri alias musik asli Indonesia," kata J Sarwono di Intan Studio, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (12/5).

"Namun musik asli dalam artian yang dikembangkan, seperti Keroncong. Namun keroncong yang dibaur dangdut, pop, atau rock sekalipun," sambungnya.

Hari ini, 12 Mei 2016, SK Pro resmi meluncurkan lima album dari lima penyanyi berbeda. Yakni, penyanyi senior Mus Mulyadi lewat album keroncong Crito Jaman Sekolah dan Mawar Biru.

Selanjutnya ada album Elegi Sang Bidadari dari penyanyi keroncong, Tuti Maryati. Duet pendatang baru Bagus dan Sindy yang punya vokal campursari memukau juga merilis album E..Jamune.

SK Pro juga memasarkan album penyanyi Ratna Listy berjudul Tresno Jaman SMP, yang uniknya membawa genre Chongdut alias keroncong dangdut. Terakhir, album yang dirilis hari ini yaitu album Religi of Rock dari Ryo Damaro.

"Pengembangan di album-album ini adalah cara kita melestarikan musik keroncong. Sehingga tetap diminati," ujar Sarwono.

Kelima album rilisan SK Pro ini sudah bisa didapatkan di toko musik digital seperti iTunes dan toko musik fisik. Selain itu, album tersebut juga bakal diedarkan di luar negeri untuk tenaga kerja Indonesia. 

 

(ded/jpg) JawaPos.com

http://www.jawapos.com/read/2016/05/12/28102/sk-pro-luncurkan-lima-album-untuk-lestarikan-keroncong