Pesona Pantai Pangandaran Bukan Hanya di Pesisir, Ini Buktinya

26 October 2016

Pesona Pantai Pangandaran (Siperubahan)

Jika bicara soal liburan dan tempat wisata di daerah Ciamis, lokasi wisata Pantai Pangandaran akan jadi yang pertama terbesit di benak orang Ciamis. Meski saat inipun, kebupaten Ciamis sendiri sudah memiliki lebih banyak lokasi wisata seperti Icakan, Curug Tujuh dan lainnya. Terlebih dengan berpisahnya Pangandaran dari Kabupaten Ciamis, maka pesona Pantai Pangandaran tidak bisa lagi disebut sebagai lokasi wisata di Kabupaten Camis.

Namun karena pengalaman berlibur yang menyenangkan di pantai Pangandaran sepertinya perlu dan wajib untuk dibagikan, maka kali ini kita bahas saja mengenai pesona dan keindahan lokasi wisata pantai Pangandaran di Pangandaran, Jawa Barat.

 

Lalu apa saja hal menarik dari lokasi wisata satu ini? Emh, sebenarnya cukup banyak juga sih. Pantai pangandaran sendiri memiliki sejumlah daya tarik yang bisa dibilang cukup unik nan sulit ditandingi. Bukan cuma hamparan pantai pasir dan pemandangan laut, di pantai pangandaran juga terdapat beberapa lokasi yang siap memukau mata Anda.

Untuk perjalanan sendiri, tampaknya tidak akan terlalu merepotkan. Bahkan dari kota besar seperti Jakarta dan Bandung, Anda tidak perlu menaiki pesawat. Cukup melakukan perjalanan darat, namun terkadang bisa memakan waktu hingga 10 jam lamanya, tergantung dari kondisi jalanan.

Sementara itu, untuk wisatawan dari luar pulau Jawa dapat menempuh perjalanan udara melalui bandara Husen Sastranegara dengan menggunakan maskapai penerbangan, seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Air Asia dan banyak maskapai pilihan lainnya. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menempuh jalur darat menggunakan bus, travel atau menyewa mobil menuju Pantai Pangandaran.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mencapai Pantai Pangandaran dengan memilih perjalanan langsung melalui jalur udara ke Bandara Nusawiru di Pangandaran dari Bandara Husen Sastranegara atau dari bandara lainnya dengan menggunakan maskapai penerbangan Susi Air.

Pantai Pasir di Pangandaran

Biasanya jika main ke pantai, ya main air dan berenang. Hal ini dapat Anda lakukan di pesisir pantai Pangandaran yang membentang cukup luas dan membuat Anda bisa dengan bebas menikmatinya.

Di Pangandaran juga terdapat dua pantai yang memiliki pesona tersendiri. Yakni pantai barat dan pantai timur, dimana memungkinkan pengunjung untuk dapat menyaksikan dua momen indah sekaligus, yakni terbitnya matahari dan terbenamnya matahari. Menarik bukan?

Bahkan pantai Pangandaran sendiri pernah mendapatkan gelar sebagai pantai terindah di pulau Jawa menurut AsiaRoom.

Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih sendiri menawarkan keindahan untuk disantap oleh mata Anda. Satu hal yang akan terpikir ketika menginjakkan kaki di pantai pasir putih Pangandaran ini adalah, kaki Anda tidak akan kotor. Karena pantai pasir putih ini bukanlah pasir pada umumnya, melainkan pantai yang tertutupi dengan batuan koral yang terbawa arus dan sudah tergerus ombak. Sehingga terasa halus dan lembut di kaki telanjang Anda, dan tidak membuat kotor.

 
 

Pesona Pantai Pangandaran Bukan Hanya di Pesisir, Ini Buktinya

Lokasi pantai pasir putih ini juga kerap dijadikan lokasi untuk menikmati diving oleh para wisatawan asing dan lokal, untuk menikmati keindahan batuan karang dan kehidupan bawah laut. Tapi hati-hati, jika tidak waspada Anda bisa saja terluka, hal ini dikarenakan banyakanya batuan karang yang cukup tajam di bagian bawah air.

Pesona Hutan Lindung Pangandaran

Masih di sekitar pantai pasir putih, jika Anda menengok ke bagian atas, maka akan terlihat wilayah hutan lindung yang juga akan memukau hati Anda. Jika Anda menelusuri pantai pasir putih ini, Anda akan menemukan beberapa jalan untuk naik ke hutan lindung, dan jika beruntung, mungkin Anda akan bertemu dengan sekelompok rusa liar yang kadang juga bisa Anda temukan di tepian pantai. Dan hati-hati juga dengan sekelompok monyet yang siap mengagetkan dan bertindak usil kepada Anda.

Menelusuri lebih dalam lagi, hampir dapat dipastikan Anda akan merasa nyaman di bagian dalam hutan lindung yang diberi jalan setapak yang  didesain sangat indah dan nyaman. Di sana juga disediakan sejumlah bangku dan meja yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Bahkan, lokasi ini juga akan sangat cocok sebagai lokasi fotografi sempurna. Bagian sisi jalan dihiasi dengan pohon-pohon besar yang tampak berdiri dengan kokoh, memberikan pesona tersendiri untuk pencinta fotografi. Cobalah tengok ke atas, maka Anda akan terpesona dengan cahaya matahari yang jatuh di atas kepala Anda, melewati rimbunnya dedaunan di pohon besar nan tinggi, membuat Anda berfikir ‘inilah saatnya memotret’.

Bukan itu saja, hutan lindung di pantai Pangandaran ini juga memiliki pesona tersembunyi lain dari sisi sejarah. Jika Anda mengitari sepanjang lokasi ini, Anda akan menemukan beberapa gua-gua bekas zaman penjajahan Jepang dulu. Menurut catatan sejarah, gua-gua ini digunakan tentara jepang sebagai tempat persembunyian dan tempat perlindungan dari serangan musuh lewat jalur laut. Ini juga bisa menjadi spot yang asik untuk mempelajari kisah masa lalu dan sejarah kota Ciamis dan sekitarnya.

Nah, gak asyik rasanya jika hanya menikmati Pantai Pangandaran saja. Akan lebih asyik jika mencoba pantai lain yang tidak kalah menarik dan memikat. Saya sendiri belum pernah mencoba menginjakan kaki di lokasi wisata Kepulauan Raja Ampat. Lokasi inilah yang mungkin paling ingin saya kunjungi pada tahun 2016. Semoga saja benar kara orang, pemandangan, suasana, sensasi dan pesonanya jauh melebihi bayangan saya dan bisa memberikan kesan berbeda, dengan pengalaman di pantai Bali atau Pantai Pangandaran yang sama-sama  membuat saya terpesona.

Sehingga saya akan bisa mengangkat cerita lain mengenai sisi timur Nusantara yang belum pernah saya rasakan. Dan dapat menikmati pesona laut Nusantara di Kepulauan Raja Ampat yang menurut cerita teman saya, akan bisa memberikan kepuasan berbeda.

 

BUDI IRSANDHI

http://www.rancahpost.co.id/20160149955/pesona-pantai-pangandaran-bukan-hanya-di-pesisir-ini-buktinya/